Tips Rahasia Untuk Blogger Pemula (1)


Sebagai blogger pemula gue sering nyasar di blog-blog professional yang memberikan tips-tips mematikan yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh blogger pemula. Contohnya, link building hingga optimisasi SEO yang sangat merepotkan (blogger pemula biasanya salah mengerti maksud dan tujuan, kayak gue dulu). Jadi, ini titik balik dari kehidupan blogging gue untuk melakukan manajemen bagi blogger pemula. Sebenarnya ini merupakan resep dari yaro starak yang gue modifikasi menjadi artikel utama gue.

Bagi blogger pemula, setidaknya harus memiliki satu artikel untuk optimisasi, baik itu seo, link building, hingga blogwalking. Gue tidak munafik, mana mungkin menjadikan semua artikel gue menjadi magnet yang dibaca oleh blogger lainnya. Selain karena artikel gue yang asal-asalan, gue juga ngeblog tanpa topik tertentu. Jadi sebisa mungkin gue membuat satu artikel buat dipromosikan ke blogger lainnya. yaitu artikel ini. Dalam membuat artikel utama (pillar artikel) setidaknya kita harus menjawab pertanyaan berikut:

Siapa target utama pembaca artikel utama kita?Dalam artikel ini tentu saja target utama saya adalah blogger pemula (seperti saya) yang bingung dengan banyaknya artikel tips dan trik dari blogger lainnya. Dengan menulis artikel ini saya juga menjawab strategi apa yang saya gunakan dalam mencari pengunjung.

Kapan artikel ini efektif digunakan?Sebisa mungkin artikel utama bisa digunakan sepanjang masa. Dalam hal ini artikel saya akan tetap bisa digunakan sampai kapan pun mengingat target pembaca saya adalah blogger pemula.


 Apa yang harus dituliskan?Artikel utama seharusnya merupakan artikel yang jarang dipublikasikan atau dibahas secara mendalam oleh blogger lainnya.


Anda bisa menambahkan lagi pertanyaan lainnya jika Anda ingin lebih spesifik untuk membuat artikel yang menjadi batu loncatan Anda untuk menarik pengunjung lebih jauh mengeksplorasi blog milik Anda.
Untuk membuat artikel utama yang baik dan berkualitas, saya membaginya dalam beberapa bagian dibawah ini: 

Judul Artikel Menentukan Segalanya


Untuk membuat artikel kita menjadi magnet, tentunya dibutuhkan sentuhan magic yang bisa membuat orang penasaran. Ada banyak tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat judul yang menarik. Inilah rahasia-rahasia untuk membuat judul yang menarik:
  1. 6 cara membuat judul yang menarik
  2. 11 tips membuat judul yang menarik
  3. tips membuat judul artikel
Sedikit tambahan dari gue, usahakan untuk menulis artikel terlebih dahulu sehingga tidak membuat Anda terikat oleh judul.  Bagi blogger pemula seperti gue, ini merupakan rahasia yang jarang diungkap dan diteliti lebih jauh dalam arena pemasaran  blog.



Bagilah Artikel Menjadi Beberapa Segmen
Pada kenyataannya, segmen-segmen ini membuat pengunjung tidak merasa bosan dalam membaca artikel utama kita. Terutama bagi blogger pemula yang secara psikologis memiliki keinginan yang kuat untuk segera menyelesaikan membaca.

Selain itu, dengan membagi segmen-segmen tertentu akan memudahkan kita menjelaskan secara terperinci hubungan antara satu objek pada objek yang lainnya. jika judul adalah hal pertama yang menarik pengunjung maka segmen ini akan membuat pengunjung kita lebih lama berada diblog.

Berikan Link  Pada Blogger Lainnya


Kebanyakan dari blogger pemula jarang memberikan link kepada sumber referensi artikel.  Ini bertujuan sebagai pengguat argument dalam setiap artikel utama kita. Selain itu biasanya penerima link akan mengunjungi blog milik kita.

Di era blogger gaul saat ini, sudah jarang gue temukan blogger yang rela memberikan link dengan gratis. Biasanya harus bertukar link, saling berkomentar,  atau mesti apalah. Bagi gue itu sih bukan ciri blogger sejati (kwkwkwk). Kalau bukan gue yang mulai terus siapa lagi? Toh gue ga’ kehilangan pengunjung dengan memberikan link pada artikel lainnya.

Itu sih cuma menurut gue. bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak informasi mengenai artikel berkualitas silahkan kunjungi halaman cara membuat artikel berkualitas

Mengoptimalkan Artikel Utama Kita

Blogger pemula biasanya lebih sering mengoptimalkan seluruh artikelnya, sehingga waktu yang digunakan tidak bisa menghasilkan pengunjung yang optimal. Ini hanya rahasia blogger professional yang jarang dipublikan untuk blogger pemula. Setelah kita membangun artikel utama maka 3 hal yang harus kita lakukan agar mendapatkan banyak pengunjung antara lain:

  1. Beberapa Postingan selanjutnya harus mengarah ke artikel utama kita. ini yang sering dilupakan oleh blogger pemula. Kadang kita memiliki artikel yang berkualitas namun kurang mendapat perhatian sehingga tenggelam dimakan waktu. Usahakan terus membangun artikel pillar kita dengan memberikan link pada postingan selanjutnya. minimalkan 10 link.
  2. Lakukan Blogwalking dengan judul artikel. Seringnya dulu gue blogwalking dengan meninggalkan jejak username sehingga kurang mendapat respon dari pengunjung blog yang gue ninggalin jejak. Selain   itu perlu diperhatikan, jangan meninggalkan komentar sampah. Bacalah artikel dengan segenap jiwa dan berkomentarlah yang baik (jangan nyepam). lihat 6 tips untuk blogger pemula 
  3. Menyebarkannya Melalui Media Sosial. Jejaring sosial merupakan traffik yang sulit ditebak. facebook, twitter, hingga lintas berita. Biasanya blogger professional cuma menyebarkan artikel utamanya saja. tapi blogger pemula yang salah paham malah harus kelabakan menyebarkan seluruh link artikel tanpa terfokus.


Evaluasi Hasil dan pengembangan Teknik

Blogger pemula seperti gue terkadang lupa untuk melakukan evaluasi. Sebaik apapun hasil yang didapatkan tentunya kita patut untuk terus mengevaluasi diri dan terus mengembangkan teknik yang kita miliki. Teknik ini sendiri baru gue gunakan setelah melakukan beberapa penelitian (cwit cwit cwit). Bagaimana caranya?
tentukan berapa pengunjung yang Anda harapkan dari setiap kegiatan optimisasi. Dari blogwalking, dari media sosial atau berasal dari Search Engine. Dengan begitu setidaknya blogger pemula dapat menjalankan blognya seperti blogger professional lainnya. Ini hanya rahasia gue dan Anda, mohon jangan disebarkan ke blogger lainnya. Terima kasih atas kunjungan Anda. Gue gitu loh.....

4 komentar:

Iskaruji dot com mengatakan...

Tips yang sangat menarik Sob...kayaknya gak tepat kalo ini untuk pemula. Seharusnya setiap blogger menjalankan tips seperti ini yang pastinya sangat bermanfaat...Nice share Sob and happy blogging!

Anonim mengatakan...

bagus-bagus yang diblogernas salut

Kolumnis mengatakan...

@iskaruji
waduh bang di blog ini semuanya cuma buat pemula (soalnya yg nulis masih pemula)

@anonymous
biasa aja. laen kali klo ada orang yg kayak gtu email aja lagi. udah disedia in kok.

Zh!nTho mengatakan...

yups bener juga kata bang iskaruji bukan hanya blogger pemula tapi untuk semua blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Developed by Free CSS Templates Pimped for blogger by Blogger Templates