Serial Tips Menulis Novel Untuk Pemula (1)




Saya mengerti bukan kapasitas saya untuk menuliskan tips ini karena saya belum pernah sekalipun menerbitkan novel. Adapun tips ini hanyalah berupa catatan pribadi yang saya gunakan ketika menulis novel amatir saya yang pertama berjudul catatan seorang penulis. anda juga bisa membaca novel bersambung ini di kompasiana. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda.


Bagi saya pribadi novel merupakan kehidupan khayalan yang saya impikan. Saya membuat tokoh, membuat cerita, dan membuat kehidupan yang berada didalam imajinasi saya. Pengalaman pertama ketika saya menulis novel adalah sulitnya untuk menyelesaikan bab pertama. Bab ini merupakan cerita pembuka, jalan awal untuk masuk dalam kehidupan yang saya khayalkan di dalam novel. Kebetulan saya membuat bab pertama ini dengan sangat sederhana. Menggambarkan seorang tokoh utama kedua dalam cerita misteri. Alurnya pun saya setting menjadi maju mundur, tujuan utamanya tentu saja membuat pembaca penasaran mengenai lanjutan ceritanya.

Jujur saja, saya sendiri tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan tokoh utama tersebut. Saya hanya menulis apa yang ada dikepala mengikuti aturan seorang penulis. Bahkan saya sudah keluar dari jalur aturan penulisan novel yang setidaknya harus memiliki kerangka. Saya memang demikian.
Apakah proyek ini akan berhasil ? saya tidak berani bertaruh. Anda bisa membaca novel itu, mengikuti kelanjutan ceritanya dan memberikan tanggapan tentang metode keterpaksaan. Maksudnya, kapal telah dibakar dan saya tidak bisa lagi mundur kebelakang. Terus mencoba memasuki khayalan imaginatif.  saya berhasil menyelesaikan bab pertama, sebenarnya ini biasa dipakai sebagai paragraf pembuka dalam resensi tapi tidak mengapa, saya menyebutnya sebagai bab pertama saja agar lebih mudah dipahami.

Jadi tips menulis novel pertama dari saya adalah jangan terlalu berpikir lama mengenai bagaimana kelanjutan cerita atau segala tetek bengeknya. Cukup bayangkan sebuah karakter, tuliskan mengenai karakter  khayalan anda tanpa malu dengan bahasa yang anda sukai, dan anda akan mendapatkan sebuah awal cerita yang misterius. Sulit ditebak. Menambah greget bagi pembaca. Bahkan bagi anda sendiri. Selamat mencoba tips menulis novel amatir dari seorang psikopat. Semoga berhasil.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Developed by Free CSS Templates Pimped for blogger by Blogger Templates