Review Blogernas.


Siapa yang tidak kenal dengan Blogernas, blog yang ditulis oleh pria filsuf, berpendidikan tinggi dan sangat di dominasi oleh pemikiran kritisnya.  Tulisannya penuh makna, dari kata etimologi, dogma, atau kata ilmiah lain yang tentu saja sukar dipahami.

Terlihat cerdas, tapi hanya bagi dirinya sendiri. Terlihat sangat luar biasa, tapi sangat konyol. Bagiku, tulisannya terlalu bertele-tele.

Orang cerdas itu mampu membuat orang lain paham dengan mudah maksud dan tujuannya. Tujuan  filsafat itu adalah mampu menempatkan sesuatu pada tempatnya.  Sekilas, kulihat banyak artikel yang kuartikan sebagai bukan orang berilmu, tidak memiliki kepandaian dalam merangkai kata, bahkan cenderung seperti anak TK, Sak enake dewe.


Aku terus menelusuri blog ini, kubuka satu persatu pemikiran yang disebut kritis tersebut. Tidak bisa kubayangkan, betapa rumitnya memahami untaian katanya. Aku penikmat sastra, aku suka filsafat, dan aku mengerti sejarah. Bagiku, banyak artikel di dalamnya yang cenderung membuatku menilai bahwa penulisnya tidak mengerti akan filsafat, tidak mengerti sastra, tidak mengerti agama.

Kemudian, kulihat beberapa komentar didalamnya. Ada cacian, hinaan, hingga kabut diskusi berkepanjangan yang tidak memiliki arah. Singkat kata, Untuk apa dipusingkan, seperti kata gusdur “Santai Aja”. Seperti kata Liudin “Masalah itu tidak akan menjadi masalah jika tidak dipermasalahkan”. Dan nasehatku untuk penulis “Manusia itu dilahirkan bebas, dan ia terbelenggu sendiri oleh pikirannya”.

8 komentar:

Anonim mengatakan...

Be your self. Karena tulisan seseorang mencerminkan sifat penulisnya.

Unknown mengatakan...

wah review blog siapa itu ya

Anonim mengatakan...

jadi penasaran, segera meluncur ke sana ah

Muhammad A Vip mengatakan...

blogernas, itu mestinya bloger nasional. atau blogger nasionalis, atau bisa juga blogger tukang nasi

Anonim mengatakan...

aku kunjung deh blognya :)

admin mengatakan...

tapi sepertinya buatku lebih menyukai tulisan anda ini dibanding om blogernas.. trims kunjungannya ^^

Unknown mengatakan...

@ arqu3fiq

iya, klo lagi ngritik orang kayak gini berarti lagi bete he..he..he.. lol

@Sang Cerpenis

dapat email katanya blog ajaran sesat, jadi meluncur ke TKP kakak

@catatannyasulung
hati-hati dalam membaca teori atheis

@chilfia
ma kasih kakak

@kirana
hi hi hi... mending nulis kayak gini daripada nyesatin orang. pis an cool

M Dadan Suryana mengatakan...

Waduh saya malah baru denger tuh nama blognya. Tapi memang kadang- kadang pikiran kita terlalu rumit untuk diwakili kata-kata. Apalagi kata- kata tertulis.
Salam kenal ya. :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Developed by Free CSS Templates Pimped for blogger by Blogger Templates