Dasar-dasar SEO Professional Bagian Pertama : Isi Artikel



Dasar-dasar SEO Professional - Salah satu hal paling dasar bagi seorang webmaster adalah SEO. Tidak berlebihan jika banyak artikel yang memuat Dasar-dasar SEO di dunia maya. SEO terdiri dari banyak hal, mulai dari program HTML, Keyword, Isi artikel, hingga seberapa sering crawler-crawler Google mengindeks setiap halaman dan bagaimana mengoptimasi crawler-crawler google tersebut.
Pada bab ini saya akan mencoba mengupas dasar-dasar SEO yang paling mudah namun sering dilupakan yakni Isi artikel. Namun sebelumnya memasuki inti materi, alangkah baiknya kita mulai dengan pengertian SEO itu sendiri.
Secara sederhana saya mendefinisikan SEO adalah Seni menempatkan halaman website kita pada halaman pertama pada setiap mesin pencari yang ada. Lalu bagaimana kita mengatur isi artikel agar berada pada halaman pertama mesin pencari?
Apakah Panjang Artikel Berpengaruh Pada SEO?
Secara garis besar hal tersebut sangatlah berpengaruh terutama pada mesin pencari google. Kebanyakan SEO pemula terlalu sering menempatkan keyword utama berulang kali sehingga mengurangi kualitas artikel itu sendiri. Pada dasarnya, keyword ditentukan oleh banyaknya kata yang terdapat pada setiap artikel (penggunaan long keyword) dan ditotal menjadi keyword panjang yang berkualitas. Misalnya untuk artikel ini saya menargetkan keyword “Dasar-dasar SEO Professional”, bukan berarti saya harus terus mengulang kata “Dasar-dasar SEO Professional” berulang kali agar mendapatkan nilai tinggi. Saya menempatkannya dengan professional yakni dengan memisahkan setiap katanya yakni “Dasar-dasar”, “SEO” dan “professional” berulang kali sehingga tercipta keyword panjang berkualitas “Dasar-dasar SEO Professional”.
Judul Artikel merupakan Keyword Utama
Pada dasarnya judul artikel digunakan untuk mengoptimalkan title halaman (akan dibahas pada bab tersendiri) sehingga sebaiknya kata kunci utama yang kita targetkan harus dimasukan kedalam judul artikel.  Sebagai contoh saya memasukan keyword “dasar-dasar SEO Professional” pada judul artikel yang membahas SEO professional ini yakni “Dasar-dasar SEO Professional bagian pertama: Isi artikel”.
Keorisinilan Artikel merupakan Kualitas Utama
Salah satu dasar yang paling sulit dalam SEO professional adalah menciptakan artikel yang belum banyak dibahas oleh website lainnya. Kalaupun harus bersaing dengan website lain yang menggunakan keyword sama, maka kreatifitas merupakan professionalisme yang tidak boleh disepelekan. Dalam membuat artikel berkualitas setidaknya Anda diwajibkan untuk merombak tata bahasa yang berbeda mengingat google panda telah menjadi ancaman tersendiri para webmaster professional.
Sebagai contoh artikel saya ini yang berjudul “ dasar-dasar SEO Professional bagian pertama : Isi artikel” menyajikan bahasa yang jarang digunakan oleh webmaster lainnya. Anda bisa melihat bagaimana saya menempatkan kata “professional”, “SEO”, dan “Dasar-dasar” sehingga diharapkan mampu membentuk keyword panjang “ Dasar-dasar SEO Professional”.
Kenyataannya saya jarang mengulang kata “Dasar-dasar SEO Professional” sebagai bagian dari bahasan artikel namun lebih sering menempatkannya secara terpisah seperti pada contoh yang saya berikan diatas sehingga diharapkan mendapatkan nilai tinggi dalam SEO pada google.
Usahan Artikel tersebut Sederhana dan Mudah dimengerti
Sebenarnya saya tidak habis pikir mengapa banyak webmaster yang lebih mengutamakan SEO dibandingkan dengan kualitas artikel atau kegunaan artikel itu sendiri. Bagi saya kualitas adalah yang paling utama. Bukankah percuma jika kita mampu menempatkan artikel kita pada halaman pertama namun artikel tersebut kurang baik karena seringnya mengulangi kata-kata keyword yang terlalu dipaksakan? Kembalikan ke tujuan awal kita menulis yakni berguna bagi orang lain. Itulah kunci terpenting dalam SEO. Seandainya pun Anda ingin bersaing dalam perebutan halaman pertama pada google maka setidaknya Anda harus mulai berkreasi menempatkan keyword secara professional sehingga tidak mengecewakan pengunjung yang membutuhkan informasi dengan keyword tersebut.
Mohon sedikit komentar dan masukan apakah artikel ini terlihat terlalu memaksakan diri menggunakan keyword “Dasar-dasar SEO professional” atau terlihat professional dan mudah dipahami menurut Anda? Karena saya juga masih belajar menjadi seorang webmaster professional yang ahli dalam hal SEO.
“Lebih baik sedikit berarti banyak daripada banyak keyword tanpa arti”. Muhammad Liudin

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Developed by Free CSS Templates Pimped for blogger by Blogger Templates